Monday, November 5, 2012

7D_Ceria in My Memory




Semua berawal sejak tahun 2008. Tepatnya tanggal 5 Desember 2008. Itula hari pertama aku menginjakkan kakiku di kozt-koztan ini. Kozt yang menjadi rumah keduaku. Tanggal 10 Juni 2008 adalah hari pertamaku di kota ini. Kota yang asing dan jauh dari pelupuk mata jika dipandang dari daerah asalku, Desa Luhu yang terletak di pulau Seram, salah satu pulau yang ada di kawasan provinsi Maluku. 
wajah anak-anak 7D_Ceria Lama (Rumah Bapak Kozt)
Dalam tulisan sebelumnya telah kuceritakan banyak tetang perjalananku dari Ternate ke kota ini yang menempuh waktu 4 hari dengan menggunakan kapal laut. Hinggal tibalah aku di Jogja 2 hari sebelum ulang tahunku yang ke-18. Asing sekali rasanya. Wajah kampungan ini tak biasa dengan kehidupan kota. Menghabiskan usia 17 tahunku di desa, jadi harap maklum sajalah yahh.





Saat keberangkatanku, hasil ujian nasional belum diumumkan. Tapi 1 bulan tinggal di Jogja aku dinyatakan lulus dari almamaterku, SMA Muhammadiyah Obi. (**tidak perlu heran mengapa asliku dari Seram, tapi lulusan Obi. Itu karena aku dipindah sekolahkan dari Luhu sejak SMP kelas 2 dan menetap di Obi hingga lulus SMA).
Tiba saatnya pendaftaran kuliah. Waktu ke Jogja, jurusan yang kupilih adalah bagian pendidikan, sesui keinginan orang tua yang menginginkan ada anaknya yang jadi guru. Maka fakultas keguruanlah yang kupilih tapi masih tak tau mau ambil jurusan apa. Setelah berfikir dan menimbang-nimbang, Pendidikan Bahasa Inggris-lah yang menjadi pilihan. (**kebetulan itu juga yang disarankan oleh orang tuaku). Setelah dinyatakan diterima lewat jalur non-tes maka jadilah aku mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggirs, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di sebuah universitas swasta di Yogyakarta.


             wisudahan Mba Diah (JEC)


3 bulan tinggal di sebuah kozt-koztan yang lumayan jauh dari kampus (**butuh waktu 1 jam untuk ke kampus jika naek bis) bersama 3 orang temanku. Salah satu dari temanku (**Jepat) ada yang keterima di fakultas kedokteran Hewan UGM. Jadilah kami jenuh karena kozt terlalu jauh dari kampusku. Kami memutuskan untuk pindah kozt. Jepat pindah ke daerah dekat kampusnya sedangkan aku, Ina dan Ani meluncur ke arah selatan. Aku dan Ina kuliah di Universitas yang sama sedangkan Ani mengambil jurusan Akuntansi di Universitas Swasta lainnya yang kebetulan lokasinya tak jauh dari kampusku dan Ina. Perlu kalian ketahui bahwa Ani dan Ina adalah saudara sepupu jadi maklum sja kalau nama meraka hamper mirip.

Setelah 2 bulan tinggal di kozt yang baru bersama Ani dan Ina, kami akhirnya mamutuskan untuk pindah lagi. Tadinya kami mencari kozt yang letaknya ditengah-tengah antara jarak ke kampusku dan jarak ke kampus Ani. Nyatanya kami tetap tak kuat. Akhirnya pindah lagi. Aku semakin ke Selatan sedangkan Ina dan Ani ke arah utara. (**sekalipun aku dan Ina kuliah di Universitas yang Sama tai berhubung jurusan kami berbeda maka aku kuliah di kampus 2 dan Ina kuliah di kampus 3. Kebetula kampusnya Ina tetanggaan sma kampusnya Ani, jadi mereka tetap ng’kozt sama-sama hingga saat ini).

Tibalah aku pindah kozt tepatnya tanggal 5 Desember 2008. Kebetulan salah satu kawan yang sekelas denganku juga ng’kozt disini jadi kuputuskan untuk memilih tinggal dikozt ini selama kuliah. Kira-kira ±4 tahun sudah aku tinggal disini (**Desember 2008-November 2012). 
                  depan kozt (4 nov. 2012)
Ini bukan hanya sekedar kozt-koztan buat aku. Ini sudah seperti rumah dan keluarga. Semua orang bersikap baik dan sangat ramah. Sebagai anak baru pastilah masih malu-malu menampakkan diri dihadapan para mba-mba kozt. Tapi lama-lama semua jadi ringan. Semakin dekat dengan mereka dan sangat nyaman. Tahun pertama kuliah tentunya masih jadi yang paling junior di kozt. Tapi setelah tahun kedua sudah mulai dapat panggilan baru, “Mbak”. Hingga sekarang, jadilah aku yang paling senior di rumah ini. Menyenangkan. 

          
Aku pernah menjadi Bendahara Kozt waktu semester 3 selama 1 periode, menjadi ketua ketika memasuki tahun ke-3 kuliah selama 1 periode, dan menjadi Penasehat Kozt di tahun ke-4 selama 1 periode. Kini aku telah pension. Bahkan sekalipun masih tinggal di rumah ini, aku telah dibebastugaskan dari piket mingguan. 

Aku mengenal banyak orang dengan banyak karakter yang unik, baik dan ada pula yang kadang menyebalkan. Tapi jika disimpulkan, mereka adalah saudara-saudaraku yang istimewa, se-istimewa kota Jogja. Banyak orang yang kukenal selama tinggal dirumah ini. Selalu berganti setiap tahun dan selama 4 tahun berarti telah 4 kali berganti dan akan terus seperti ini di tahun-tahun yang akan datang. Jika yang sudah lulus akan memutuskan konrtak dirumah ini, maka yang baru pun akan datang untuk menggantikan. 

                           kondangan (apriL 2010)

Akan kukenalkan kalian dengan mereka. Kalian tak keberatan bukan..? ahh tentu saja tidak. Karena kalian pun pasti ingin berkenalan dengan mereka. Baikalah, inilah saudara-saudara istimewaku dirumah ini. Mereka berasal dari berbagai kota di Jawa maupun dari luar Jawa dan kuliah di berbagai jurusan. Dimulai dari yang paling senior hingga yang paling junior. Mba Leny, Mba Diah, Mba Ningrum, Mba Lina (**Angkatan 2005), Mba Dian, Mba Pipit, Mba Iin, Mba Yuyun (**Angkatan2006), Aku, Dhita, Uwie, Uuz (**Angkatan 2008), Hanny, Nazie, Nuri, Yuni (**Angkatan 2009), Iin_Iendah, Din_din, Utary, Ana, Nope (**Angkatan 2010), Bella, Ijaah, Idaah (**Angkatan2011), Aiiyu, Olip, Ira, Mika, dan Fany (**Angkatan 2012).

Rumah kami ini hanya terdiri dari 12 kamar, 10 kamar ada di lantai bawah, dan 2 kamar ada di lantai atas. Dihuni oleh 12 cewek-cewek (tapi sekarang 13). Eiiitttzz,,, cowok dilarang masuk, cukup sampe di ruang tamu saja, alias teras rumah. Lokasi rumah ini sangat strategis dengan kampus. Lantai atas rumah ini bisa menangkap signal WiFi dari kampus. Jadi enak, bisa online gratis. (**dasar muka gratisan. hahahhaaa). Setipa malam balkon rumah ini kaya warnet skaligus pameran komputer. Sangat rame dan masing-masing bisa autis dihadapan Laptopnya.

Aku tak pernah menyesal menjatuhkan pilihan untuk tinggal dirumah ini. (**Terbukti aku tak pernah pindah kozt. Hehehee). Mengenal orang-orang yang kusebut saudara istimewa ini adalah salah satu dari hadiah yang diberikan Tuhan untukku. Aku belajar banyak hal dari mereka. Mengingatkanku tentang pentingnya Sholat, kebersamaan, kasih sayang, kepedulian, dan kekeluargaan, aku jadi pintar berbahasa Jawa “ngoko” dan hnya satu atau dua kata ”kromo”. Padahal awalnya kami tak saling kenal. Kadang mereka ku ajak bicara dengan menggunakan bahasa asalku dan sekarang mereka mulai pintar. Bahkan sekarang mereka malah lebih suka berbicara denganku menggunakan bahasa asalku, dan aku sangat suka itu. Inilah Indonesia dengan Bhineka Tunggal Ika. Kami yang datang dari negeri yang berbeda, terkumpul dalam sebuah rumah dan saling kenal-mengenal selama 4 tahun membuat kami menjadi sebuah keluarga yang sangat harmonis. 

            Ijah, Din_din, Mir & BeLa


Kini, di bulan ini, aku tak lagi punya banyak waktu untuk bersama mereka. Berhubung studiku di Jogja telah selesai, berarti sebentar lagi kau akan pulang, kembali ke kampung halaman tercinta. Hanya tinggal menghitung hari saja. akan kunikmati hari-hari ini bersama kalian karena ku tau, kelak aku akansangat merindukan kalian semua. Merindukan saat-saat kita bernyayi bersama walau suarapun cempreng. Merindukan saat kita tertawa bersama dengan kelucuan-kelucuan yang kita buat bersama. Merindukan suasana rutin makan malam bersama sambil nonton Opera Van Java. Merindukan saat kita menelusuri jalan-jalan sepanjang Malioboro bersama. Merindukan suara kalian ketika aku sedang mencuci pakean dan kalian pun berkata “Aku seneng deh liat mba Mirna nyuci.. Mba Mirna cantik deh kalau lagi nyuci”. Merindukan saat kita main plesetan kata dan kemudian ada yang memplesetin kata yang jauh dari jangkauan dah hamper tak nyambung, “jauuuuhhh jaauuuhhh….”, itulah teriakkan kalian. Merindukan saat kita mendokumentasikan kegiatan kita bersama lewat beberapa jepretan kamera. Merindukan suasana mengguyur orang yang sudah mandi dan cantik di sore hari  karena dia berulang tahun hingga kita pun basah semua. Merindukan ketika Indah mulai berisik dengan bahasa Sunda-nya, dan hanya aku yang sanggup menjawab dengan bahasa Pasar Ambon yang kadang tak nyambung satu sama lain tapi tetap saja lancar seperti kami salaing mengetahui artinya. Dan ketika peristiwa itu terjadi, yang lain hanya bisa diam dan mulai menyiapkan tawanya yang akan meledak dalam waktu kurang dari satu menit. Maka ketika aku pulang nanti, semoga ada penggantiku yang sanggup melawan Indas dengan Bahasa Sunda-nya. Hahahhaaaaa…..


Oh iya,, 7D_Ceria yang sejak tempo doeloe hanya berpenghuni orang-orang dari pulau jawa, kini merambah keluar pulau jawa. Di angkatan tahun 2012 ini ada yang dari Bangka Belitung, ada yang dari Palembang, dan ada pula yang dari daerah paling timur Indonesia, Sorong cuyyy. Sebuah kota yang ada di Papua.  
                       Taman Sari (4 Nov. 2012)
 I’ll miss u guys. Kalian semua adalah guru, kalian semua adalah saudara-saudara istimewa, kalian semua adalah kenangan terindahku. Kelak aku akan sangat merindukan kalian. Aku akan sangat merindukan hari-hari bersama kalian.

Jangan lupa kabari aku jika nanti kalian telah lulus dan hendak membina rumah tangga bersama kekasih Tuhan yang dikirim untuk menjadi imam dalam keluarga kalian. Harrrruuuusssss…….


                        
Semoga kekeluargaan kita tetap terjaga sampai kapanpun. Akau bahagia mengenal kalian, wahai para saudara-saudara istimewaku.... 





                                


                                          By: Mytha NurLette 



                                         aLe Rasa Beta Rasa _

No comments:

Post a Comment